Header Ads

Ceriping Pisang Goreng Air UMKM Desa Patuk Banjir Orderan

WARTAJOGJA | GUNUNGKIDUL -- Meski pandemi covid-19 mengharuskan warga masyarakat tetap tinggal dirumah namun tak menghentikan kreasi serta karya agar tetap bisa mengumpulkan rupiah.Salah satunya keripik pisang goreng air yang mungkin sebagian dari masyarakat penasaran dengan prosesnya.Kenapa bisa ceriping pisang goreng air? Temukan jawabannya dan caranya di redaksi warta-jogja.com.(15/05/20)

Susilo Sugiarto bersama partnernya Siti Kodriyah berupaya mengolah rasa dengan tetap meneruskan olahan pangan atau camilan dengan bahan baku yang cukup sederhana yaitu pisang.namun tentunya tidak semua pisang dijadikan bahan bakunya, mereka biasanya memakai pisang kepok dan pisang sungu.Prosesnya pun juga terbilang lain daripada yang lain, yaitu Ceriping pisang goreng air.

Susilo menjelaskan, kenapa dinamai goreng air? Bukankah kalau goreng itu pakai minyak? Jadi proses pertamanya pisang di goreng terlebih dahulu dengan minyak yang sudah mendidih setelah matang lalu angkat, biarkan sampai dingin dulu.Proses kedua masak air dengan campuran bumbu (menurut selera) hingga mendidih lalu pisang yang sudah di goreng tadi masukkan ke dalam air yang mendidih kurang lebih dua menit, lalu angkat dan goreng kembali hingga menguning lalu angkat serta dinginkan.Setelah dingin bisa langsung dihidangkan atau dikemas.

Siti Kodriyah sebagai bagian pemasaran juga menjelaskan kaitannya dengan pemasaran melalui media online yang paling banyak dan juga toko-toko disekitar.Dia mengatakan modal awal hanya Rp.200.000 lalu dikelola untuk membeli bahan baku serta bahan lainnya.Meskipun terbilang aneh prosesnya namun hasilnya luar biasa gurih,enak dan juga kemriyuk.

Usaha yang digelutinya selama kurang lebih dua minggu ini cukup menguras tenaga, pasalnya mereka berdua dikejar orderan yang setiap harinya tidak pernah putus konsumen.Ketika ditanya kesulitan apa yang mereka hadapi yakni dalam mencari bahan baku pisang.Untuk pengirimannya sendiri sudah sampai keluar DIY dan hingga hari ini terhitung 1 kwintal pisang di kirimkan ke pelanggan.

Bagi warga masyarakat baik lokal maupun nasional mau pesan ceriping pisang goreng air bisa menghubungi redaksi warta-jogja.com atau kontak langsung dengan produsennya di nomor : +62 858-2784-4801.


WJ  ( Wahyudi )



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.