Header Ads

Penyaluran BLT Tahap Pertama, Desa Logandeng Gelontorkan Rp 165,6 Juta Untuk 92 Warga Selama 3 Bulan

WARTA JOGJA | GUNUNGKIDUL - Desa Logandeng, Kecamatan Playen satu dari sekian desa di Kabupaten Gunungkidul yang telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) tahap pertama yang bersumber dari Dana Desa Tahun 2020 terkait adanya peraturan perubahan untuk warga terdampak Pandemi Covid-19 Kamis ( 14/05/2020 ) di Aula Balai Desa Logandeng.

Mengacu pada Peraturan Kementrian Desa, Peraturan Bupati No 30 Tahun 2020 terkait mekanisme penyaluran BLT diperkuat dengan hasil musyawarah Desa Logandeng yang diselenggarakan pada Jum'at ( 08/05/2020 ) tentang pembahasan data penerima BLT mampu mengakomodir sebanyak 92 Kepala Keluarga (KK) dari sepuluh Padukuhan  yang ada di Desa Logandeng, Kecamatan Playen.

Hal  ini disampaikan oleh Sekretaris Desa Logandeng, Bety Yuliani bahwa mekanisme penyaluran BLT diluar data penerima PKH (Program Keluarga Harapan ), BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai ) penerima bantuan dari Dinas Sosial serta Polri.Sesuai prosedur bahwa 92 KK tersebut nantinya akan menerima sebesar Rp 600 ribu setiap bulan dengan jangka waktu tiga bulan terhitung April sampai Juni 2020, sehingga Desa Logandeng mengambil dana desa sebesar Rp 165.600.000 untuk penyaluran BLT ini.

"Setelah kita melakukan validasi data di lapangan kemudian kita sinkronkan dengan data dari TKSK ( Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan ) Kecamatan Playen serta data dari RT per Padukuhan yang ada di Desa Logandeng ini, akhirnya muncul kesepakatan bahwa ada 92 KK yang berhak menerima BLT yang telah dianggarkan oleh Pemerintah", jelas Bety Yuliani.

Pelaksanaan penyaluran BLT ini dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB dan selesai pukul 11.30 WIB dengan tetap melakukan protokoler pencegahan Covid-19 diantaranya mulai dari cuci tangan, screening, cek suhu tubuh hingga aturan jaga jarak sesuai anjuran.

" Kami tetap melaksanakan proses tahapan standar pencegahan penyebaran covid-19 untuk menghindari kerumunan kami menghimbau per pedukuhan sesuai giliran ",imbuh Bety Yuliani.

Penyaluran Penerima manfaat BLT berjalan lancar dengan harapan adanya bantuan ini mampu mengurangi beban masyarakat Desa Logandeng dampak dari pandemi Covid -19. 


WJ ( Wahyudi )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.