Header Ads

Peringati Dies Natalis UNY Ke – 56, UNY Gelar Bakti Sosial Di Dua Desa Kecamatan Gedangsari

WARTA JOGJA | GUNUNGKIDUL – Pelaksanaan peringatan ulang tahun UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) ke 56 tahun ini dilaksanakan dengan kegiatan bakti sosial pemberian bantuan sembako kepada perwakilan warga Desa Ngalang dan Desa Mertelu Kecamatan Gedangsari,Minggu (19/04/2020).
Bakti sosial ini dipimpin langsung oleh Rektor UNY Prof.Dr.H.Sutrisno Wibawa,M.Pd didampingi Wakil Rektor Edi Purwanto,bersama jajaran,Ketua DPC Gerindra Gunungkidul,Purwanto.Turut hadir dalam acara ini Kepala Desa Ngalang Kaderi,perwakilan Camat Gedangsari dan tokoh masyarakat.
Kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu meringankan beban masyarakat dalam menghadapi dampak global Covid-19 ini bagi masyarakat Desa Ngalang dan Desa Mertelu.Sutrisno Wibawa menyampaikan bahwa kegiatan ini mengambil tema “Mengangkat Kearifan Lokal Menuju UNY Internasional” dengan perencanaan 35 kegiatan,tetapi karena dampak pandemi Covid-19 ini sehingga kegiatan yang lain ditunda pelaksanaannya.
” Seharusnya kita ada 35 kegiatan,tetapi mengingat kondisi saat ini yang tidak memungkinkan untuk mengumpulkan massa,maka yang kita selenggarakan baru sepuluh kegiatan,termasuk Bakti Sosial membagi sembako”,ungkap Sutrisno Wibawa.
Dalam kegiatan bakti sosial ini,pihak kampus membagikan
700 paket sembako kepada warga masyarakat,dengan rincian 300 paket untuk warga Desa Ngalang,225 paket Desa Mertelu,dan 175 paket dibagikan kepada warga sekitaran kampus induk.Sedangkan untuk mahasiswa sendiri,UNY membagikan 1000 paket sembako dan dilaksanakan dua tahap dalam pembagiannya.
Target dari UNY ke depan menjadi sebuah universitas dunia pada tahun 2025.
“Untuk saat ini kita berada di posisi 500 universitas tingkat Asia,harapan kita bisa menuju dunia di tahun 2025,maka kami selalu meminta dukungan masyarakat agar UNY itu bisa diakui tidak hanya lokal,tetapi bisa secara Internasional”,tambah Sutrisno.
Sementara itu,Kaderi Kepala Desa Ngalang merasa sangat terbantu,karena wilayahnya saat ini sama seperti wilayah lain juga sangat merasakan dampak dari Covid-19 ini.
“Saya mewakili masyarakat desa Ngalang mengucapkan terimakasih kepada pihak UNY,kita akan bagikan kepada masyarakat yang terdiri atas 14 Padukuhan,akan kita bagikan sesuai kebijakan pemerintah desa agar tidak terjadi kecemburuan sosial di masyarakat kami”,jelas Kaderi.
Acara diakhiri dengan penyerahan secara simbolis kepada perwakilan warga.Dengan harapan nantinya pandemi Covid-19 ini segera berakhir sehingga perekonomian masyarakat segera pulih kembali.
WJ (Wahyudi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.