Header Ads

Fauzan Satyanegara Salah Satu Anggota Lintang Jagad Bagikan Tips Kuno Pembibitan Cabai


WARTA JOGJA | YOGYAKARTA -- Mungkin tak banyak orang yang tahu tentang pembibitan yang sederhana namun hasilnya luar biasa.Ditengah pandemi covid-19 yang tak pernah tahu kapan akan usainya, maka masyarakat harus mampu mandiri menciptakan lahan pangan.(02/05/20)

Seperti dikutip dari salah satu anggota Lintang Jagad yang bersumber oleh Fauzan, berikut adalah langkah kecil tetapi menyangkut hajat hidup dan permakanan banyak orang. Tips kuno membuat bibit cabe;

1. Pilih buah induk yang matang, lurus dan sehat
2. Potong menjadi 1/3 bagian ambil yang tengah, sisanya pangkal dan ujung bisa untuk dikondumsi
3. Belah dan ambil isinya, sembari baca basmalah dan salawat 
4. Butir cabe dibersihkan disucikan 3x proses
5. Biji-biji yang sudah bersih dikeringkan bertahap selama 3-7 hari. Tahap pertama 1 jam, berikutnya 2 jam, lalu 3 jam dst.
6. Proses pencambahan yaitu rendam biji dengan air hangat berikutnya dikarantina, diimbu dibungkus dengan kain kira-kira 24 jam sampai biji pecah menjadi kecambah

7. Penyemaian menempatkan kecambah pada media polyback misalnya dan pantau perkembanganya jika keluar 2-3 daun mulai dikenakan sinar matahari

8. Bayi bibit umur 14-21 hari sudah siap dikenalkan dilahan berikutnya penanaman sudah ok insyaallah
9. Jika ada masalah atau perlu perlakuan-perlakuan tertentu hubungi atau konsultasi kepada para ahli, tetangga terdekat atau para tokoh dibidangnya.

Bersama kita lanjutkan perjuangan para pendahulu bangsa. Untuk pangan sehat dan Indonesia berdaulat kita harus bersatu dan mandiri diberbagai lini.

" Mandiri dan berdikari dalam bidang pembenihahan, pembibitan, obat-obatan, juga bagaimana turut andil mengendalikan harga pasar dan juga kebutuhan pangan warga masyarakat misalnya ", Lanjut Fauzan melalui postingan Whatsapp.


WJ  ( Wahyudi )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.