Header Ads

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Karangtaruna AKRAB Adakan Gerakkan Menanam 1 Pohon 1 Rumah


WARTA-JOGJAKARTA || GUNUNGKIDUL -- Demi meningkatkan perekonomian warga masyarakat Kalurahan Bleberan, Kapanewon Playen adakan gerakkan menanam 1 pohon 1 rumah sabtu (27/06/20).Adapun bibit yang ditanam adalah pohon pisang.Kegiatan ini diikuti oleh seluruh elemen warga masyarakat Bleberan dengan jumlah bibit yabg ditanam sekitar 200 pohon. Dampak covid 19 sehingga perekonomian warga yang sulit dan tidak memiliki kas Padukuhan, sehingga tercipta gerakan atau gebrakan menanam 1 pohon 1 rumah yang hasilnya nanti akan digunakan untuk pembangunan Padukuhan bleberan.(29/06/20)

Oki Basirudin sebagai penggagas kegiatan bersama karangtaruna Akrab bersatu mengadakan kegiatan positif tersebut dengan tujuan untuk tetap menjunjung kegotong royongan warga masyarakat dengan mengikhlaskan sebagian tanah pekarangan rumah untuk ditanami 1 pohon pisang yg nantinya dari hasil penjualan pisang dimasukkan ke kas Dusun dan digunakan untuk pembangunan Dusun Bleberan.

Oki menjelaskan untuk benih pisang pihaknya memilih satu jenis pisang kepok. Alasannya karena tahan terhadap penyakit maupun musim kemarau dan penghujan dan harga pisang kepok pun juga stabil.Cara mendapatkan benihnya juga terbilang mandiri yaitu dengan  mencari dari rumah - rumah yang mempunyai tanaman pisang kepok.Selain itu juga ada yang didapatkan dari tetangga Dusun maupun Desa sebelah.

Harapannya karena ini merupakan penanaman bibit pisang yang bisa dikatakan perdana di Dusun Bleberan, semoga bisa menghasilkan tanaman yang mampu mendongkrak perekonomian warga dan juga bisa menjadi asset Padukuhan.


WJ  ( Wahyudi )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.